Alhamdulillah….
Pagi itu, hari pertama saya kembali bekerja setelah satu minggu libur cuti massal lebaran, kurang lebih pukul 06.58 saya swap-in pada mesin Amano (mesin pencatat absensi), saya datang ke kantor lebih pagi dari yang biasanya disebabkan ada acara rutin kantor, Halal Bi Halal.

Bid’ah, itu adalah esensi yang saya tangkap pertama kali mendengar kalimat ‘Halal Bi Halal’, tapi biarlah, toh saya tidak mengamini ceremony tersebut dan terperangkap ke dalam nuansa itu. Di depan lobby Ged. A saya melihat Bp. Sujito, beliau sudah tiba sebelum saya, terlihat sangat sibuk sendirian menyiapkan sound system.

Pukul 07.00 tepat, peralatan teknis masih tertutup dengan terpal, maklum kemarin seharian hujan, podium, microphone, vcd dan perlatan lain masih terbungkus terpal. Sat-sit-set… dalam waktu 10 menit langsung semuanya dirapihkan… saya, pak roni dan edwin dengan dibantu karyawan kharisma. Setelah itu masing-masing perangkat acara menempatkan diri, saya kebagian menjadi dokumentasi acara. Dengan bermodalkan kamera D60 with tele-autofocus, kamera milik pribadi Pak Marijono, saya langsung jeprat-jepret sana-sini.

Pukul 07.15, Bang Musmul/ Security GH mengambil komando untuk menyiapkan peserta ceremony yang terdiri dari karyawan Shift satu baik Produksi maupun Office, dengan jumlah total kurang lebih 1200 orang. Kemudian berangsur-angsur Dept. Head, Division Head dan Board Of Director baik itu Direktur lokal maupun Japan berdiri dan berbaris 1 shof menghadap ke peserta ceremony, sesaat sebelum acara dimulai muncullah dari lobby, yakni Showa-1, siapa lagi kalau bukan Presdir PT SIM, Mr. Kazuo Tsunoda diikuti oleh VP, Ibu Jani Marlyawati.

Gedung A setinggi 3 lantai tersebut cukup membantu untuk menghalangi pancaran sinar matahari yang cukup terik saat itu hampir 34 derajat celcius meski sudah masuk musim penghujan (pemanasan global bahasa kerennya brew…) dan beberapa peserta upacara yang berada di sebelah utara cukup terganggu dengan sinar matahari yang langsung menyorot wajah mereka.

Pukul 07.45, barisan sudah teratur, perangkat acara sudah lengkap dan hari sudah mulai terik dan acara akhirnya dimulai, sebagai MC acara Halal Bi Halal kali ini ialah Mba Lia Noor/ Sekr. Direksi, masih status percobaan 6 bulan, namun sudah teruji pada waktu ceremony upacara 17 Agustus lalu. Seperti biasa, MC membacakan susunan acara, sambutan pertama, kedua, ketiga dst. Dan kejadian yang sangat membuat saya ‘surprise’ adalah ketika Mr. Tsunoda berbicara dengan cukup menekan dengan ‘bahasanya’ kepada MC, bahwa Tsunoda-san meminta agar para peserta digeser lagi beberapa langkah ke selatan, karena beberapa karyawan yang tersengat matahari tadi melepas topinya dan menutupi wajah mereka dengan topi. Dengan sigap Bang Musmul mendekati microphone dan…. “Seluruh barisan 5 langkah ke kiri… jalan!!!”. Kurang lebih 1200 peserta ceremony Halal Bi Halal Tahun 2010 bergerak ke kiri secara serentak.

Inti dari sambutan dari Mr. Kazuo Tsunoda ialah menghaturkan terima kasih kepada seluruh karyawan yang dengan kerelaan hatinya bersedia bekerja lembur pada cuti massal lebaran kemarin.

Vice Presiden Director, Ibu Jani menyampaikan sambutan yang hampir senada dengan yang disampaikan oleh Mr. Tsunoda, namun rasa syukur di hari kemenangan ini dan ribuan terima kasih patut juga disampaikan kepada karyawan beserta keluarga di rumah.

Terakhir dari Ketua FSPMI Bp. Hendi Suhendi. Ya.. sudah bisa kita tebak…. pastinya ‘Insentif Produksi Bulan Agustus 2010′ menjadi penyampaian inti orang No.1 di serikat pekerja ini, sebab rizki istimewa bagi seluruh karyawan/ti yang berlebaran dan pulang mudik kemarin ini menjadi primadona bagi siapa saja dan sangat membantu bagi kita dalam merayakan hari raya di kampung halaman. Kenapa tumben-tumbenan ada istilah ‘Insentif Produksi BUlan Agustus 2010′ sebab menurut berita yang beredar pencapaian angka produksi Showa Shock Absorber pada bulan Agustus tahun 2010 khususnya roda dua merupakan pencapaian angka tertinggi dan terbilang cukup fantastis sepanjang sejarah produksi PT. SIM, dan luar biasanya lagi, angka tersebut diraih pada saat Bulan Ramadhan. Subhanalloh….

Sebagai penutup, teman saya yang suka membuat jokes dari procurement, Bp. Adnan menjadi pembaca do’a pada ceremony Halal Bi Halal Tahun 2010 ini. Tampak pada gambar diatas rekan-rekan pekerja terlihat khusyuk, ada beberapa yang masih terlihat mengantuk, mungkin baru tiba dini hari pagi tadi dan langsung berangkat kerja.

Mulailah acara salam-salaman, barisan dimulai dari karyawati, karyawan office lalu karyawan produksi.

Bersalaman langsung dengan petinggi perusahaan merupakan hal langka, bisa jadi sekali setahun, itupun kalau masih merasakan nikmat Ramadhan tahun mendatang.

Terlihat dalam gambar tersebut diatas tiada seorang pun memperdulikan warna kulit, suku, agama, bahasa, usia apalagi jabatan semua melebur menjadi manusia biasa, mahluk tuhan yang tidak pernah bisa luput dari dosa dan khilaf.

1200 karyawan/ karyawati yang berbaris memanjang hingga ke warung pojok didepan Ged. B tak pelak menjadi pemandangan yang khidmat dan tak biasa. Mungkin gak ya masuk rekor. Tapi masih kalah sepertinya dengan yang di istana presiden.

Taqobbalallohu minna waminkum
Taqobbal ya karim…

16 September 2010,
Deny Rosadi