Citizen6, Bekasi: Meski telah memiliki pekerjaan di salah satu manufaktur Jepang yang memproduksi shock absorber, namun Deny Rosadi merasa masih perlu menambahkan nafkahnya dengan membuka usaha. Bersama istrinya, ia membuka industri rumahan dengan membuat berbagai kreasi kerajinan tangan dari kain flanel. Kini usahanya mulai diperkenalkan, yang diberi nama “Maharani Craft”.

Action dengan membuka usaha rumahan ini sejatinya telah ditekuni Deny Rosadi sejak 2009. Namun kala itu, ia hanya membuat dan menawarkan kepada teman kantor, tetangga dan kerabat dekat saja. Hingga pada pertengahan 2010, Deny bersama istrinya mulai memproduksi sendiri, yang kemudian berdagang lapak dari lapak satu ke lapak lain setiap akhir minggu. Belanja dan membuat kemudian menjual sendiri hasil kreasi flanelnya.

Maharani Craft dipilih Deny sebagai brand-usahanya diambil dari nama belakang istrinya, yang bernama lengkap, Fariska Maharani. “Bunyinya simpel dan mudah diingat orang,” tuturnya.

Usaha kerajinan flanel sendiri amat prospektif sebab belum banyak yang melirik peluang usaha ini. Dan tentu saja usaha tersebut memberikan energi baru dan semakin mengebulkan dapur rumah tangganya.

Niat membagi-bagikan ide kreatif ini sudah sejak lama, pada Oktober 2010 akhirnya ia mulai menulis blog dengan alamat http://kursusbikinflanel.wordpress.com. Sejak saat itu pula Deny bersama istrinya aktif memberikan pelatihan membuat kerajinan flanel diberbagai kota, yang pada awal perkenalannya dimulai dari memberikan pelatihan dari ruang tamu di rumahnya.

Lambat laun liputan tentang usaha kerajinan flanel mulai gencar diberitakan di berbagai media elektronik, yang tentu saja akan semakin banyak orang yang penasaran, dan akhirnya tertarik untuk membuat sendiri kreasi dari kain flanel tersebut. “Di situlah ladang rejeki kita,” ungkap Deny. “Dan alhamdulillah, beberapa dari mereka dengan modal relatif kecil sudah memulai usaha ini dari rumah,” istrinya menambahkan.

Maharani Craft dengan ide kreatif mulai memberikan kursus praktis dan aplikatif ini di berbagai kesempatan. Seiring dengan itu pula, ide membuat pelatihan ini semakin mendongkrak usahanya. Hingga saat ini sudah puluhan orang yang telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan setiap minggunya. Produk-produk Maharani yang sudah dikenal luas di pasar online antara lain : Berbagai replika kue-kue dari kain flanel seperti pie, tart, donat, burger, topping kue, dll.

Selain itu ada juga kreasi flanel dengan permainan huruf dan angka yang dapat merangsang psikomotor anak.Softcase notebook dan HP, berbagai aplikasi flanel lucu yang dibuat gantungan kunci dan HP. Toples Lebaran adalah produk terlaris sepanjang usaha ini dirintis, dengan 100 toples paket yang terjual saat Lebaran 2010, “Omzet toples Lebaran mencapai enam juta rupiah saat itu,” kenangnya.

Dagangan yang pada mulanya hanya dijajakan pada lapak di pasar kaget di GOR Bekasi dan Pasar Festival di Tropikana, dan saat ini sejak memulai bisnis online pelanggannya sudah mencakup seluruh pulau di Indonesia. “Terjauh, ada pelanggan yang order dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, lalu Pontianak, kemudian Surabaya, dan segera menyusul kota-kota lainnya,” ujar Deny.

Dalam waktu dekat ini semoga terbentuk jaringan pemasaran yang solid yang bisa mewakilinya di tiap kota besar di Indonesia,” harapnya.

Sumber : http://citizen6.liputan6.com/read/327110/kreasi_kain_flanel_berawal_dari_hobi