Bayangin aja, saat kamu seorang artis atau penyanyi ngetop gila yang akan tampil di hadapan jutaan penonton. Tentunya kan udah dipersiapkan konsep panggung, custom, blocking penari latar , lighting dan sebagainya. Bahkan, jauh-jauh hari sebelumnya kondisi fisik sudah dipersiapkan agar tampil prima.

Nah, begitu juga apa yang harus dilakukan seorang penyiar. Sebelum siaran harus memperhatikan materi siarannya. Info apa yang mau dibaca, siapa yang mau diwawancarai, lagu apa yang akan dimainkan.
Intinya, sebelum siaran, hal yang paling penting diperhatikan adalah ; materi siaran, run down acara, bahan mentah atau yang udah jadi dari produser. Terlebih jika ada acara khusus misalnya wawancara narasumber penting.

Kebayang ga kalo kamu tiba-tiba ditugasin interview Justin Bieber atau bahkan seorang pejabat Negara ?

Selain materi, hal lain yang harus diperhatikan adalah mental. Kenapa ? karena setiap penyiar kadang-kadang juga kehilangan kepercayaan diri saat harus siaran, belum lagi jika saat siaran banyak kejadian penting yang harus disampaikan kepada pendengar. Teror bom misalnya atau kecelakaan beruntun, pesawat jatuh. Dimana hal ini menuntut penyiar untuk bisa mewawancarai semua pihak terkait.

Bukan hanya soal materi , penyiar juga harus siap dengan cacian atau makian dari pendengar yang mungkin ga suka dengan cara bicara, topic yang dibawakan. Eits, jangan berkecil hati dulu. Dari sudut positifnya, penyiar juga harus siap dengan segala polah fans.

Bayangin, saat kamu ga siap. Apa yang akan terjadi ? Sedikit saya nambahin, prepare untuk segala kemungkinan ‘terburuk’, seperti mati-lampu, lidah kepleset (latah), gak ada yang nelpon, lupa script, lidah kelu dll. 

Sumber : http://www.penyiarradio.com/persiapan-siaran-persiapan-mental-dan-materi/