Pelatihan Bisnis

Memanfaatkan tempat pelatihan untuk mengasah keahlian sekaligus belajar bisnis.

Menjadi Pebisnis bisa dimulai dari tempat kursus dan pelatihan. Tinggal memilih, keahlian berbisnis apa yang Anda inginkan? Setelah dapat ilmu, baik teori maupun praktik, jangan takut untuk segera memulai berbisnis.

Menjadi pebisnis yang handal tak cukup hanya mengandalkan bakat. Keahlian juga perlu dipupuk. Salah satu cara sedehana dan murah untuk memupuk bakat dan keahlian adalah dengan mengikuti kursus atau pelatihan. Ada banyak tempat kursus yang menyajikan beragam paket pelatihan khusus untuk perempuan. Jenis kursusnya pun sangat beragam, mulai kursus menjahit, tata rambut, tata kecantikan, tata rias pengantin, memasak, sampai membuat kerajinan tangan.

Di era sekarang ini, tempat kursus-kursus itu tak hanya mengajarkan keterampilan saja, namun sekaligus mengajarkan bagaimana mengembangkan keterampilan agar “jadi duit”.

Namun, yang perlu diperhatikan, sebelum memutuskan untuk mengikuti sebuah pelatihan, ada baiknya, Anda menentukan terlebih dahulu prioritas keahlian yang ingin diambil. Misalnya, jika mempunyai hobi memasak, tentu Anda akan lebih cepat pintar dan ahli kalau ikut kursus memasak.

Fariska Maharani, pemilik Maharani Craft, mengatakan, pelatihan yang dia sediakan memang khusus diperuntukkan perempuan yang hobi sulam menyulam dari bahan flanel. Dengan mengikuti pelatihan, bukan hanya skillmenyulam yang semakin terasah. Pelatihan juga memotivasi peserta untuk mengembangkan hobi itu menjadi usaha yang menguntungkan. Intinya, “Bagaimana menyalurkan hobi jadi bisnis”, ujar Fariska.

Kemampuan Bisnis

Lembaga pelatihan memang menyediakan berbagai paket pelatihan yang bisa Anda pilih, mulai dari jenis pelatihan tingkat dasar hingga pelatihan tingkat lanjut atau advanced.

Untuk mengikuti kursus, Anda harus menentukan terlebih dahulu prioritas keahlian yang ingin Anda pelajari. Metode pelatihan yang dipakai berbagai lembaga kursus lazimnya adalah pendidikan yang bersifat praktis. Teori hanya menjadi pengantar, selebihnya adalah praktik. Misalnya bagaimana cara membuat kerajinan tangan yang bagus dan siap untuk dijual di pasaran.

Fariska menambahkan, selain pelatihan praktik langsung membuat kerajinan flanel, peserta juga memperoleh pengetahuan tentang rahasia berbisnis di bidang ini. Misalnya bagaimana mendapatkan bahan baku yang murah sehingga bisa menekan ongkos produksi.

Agak berbeda dengan lembaga kursus lain, Fariska tidak menggunakan instruktur. “Saya bersama suami saya saja”, ujarnya. Namun karena sudah dikenal menghasilkan murid yang berhasil, ia terus kedatangan permintaan.

Fariska memceritakan, saat ini, banyak muridnya sudah berhasil membuat model-model flanel baru yang dijual di sentra aksesori Mester, Pasar Jatinegara.

Tempat kursusnya kini semakin berkembang, peserta pelatihan ditempatnya pun semakin bertambah. Fariska juga mengaku terus mendapatkan peserta dikelas menyulamnya. Setiap minggu, ia mendapatkan tidak kurang dari 10 orang peserta.

Para penyedia jasa kursus keterampilan dan bisnis itu memberikan saran bagi para perempuan agar tidak ragu untuk memulai bisnis mereka sendiri. Kalau menemui kesulitan untuk memulai bisnis, silahkan datang ke tempat pelatihan. “Jangan pernah merasa tua untuk belajar dan jangan pernah takut untuk berbisnis”. Ayo siapa yang berani menerima tantangan ini?

Pelatihan Bisnis

Tentu Anda telah banyak tahu tentang kain flanel. Kain flanel banyak memiliki warna-warna yang menarik sehingga dapat dikombinasikan. Perpaduan warna dari kain flannel ini sangat menarik sehingga hasil kreasi dari kain flanel diminati oleh sebagian besar orang. Penggemar kreasi dari kain flanel cukup banyak dan saat ini semakin berkembang karena semakin banyak pula kreasi baru dari kain flanel.

Beberapa contoh kerajinan dari kain flanel seperti bros, ikat rambut, gantungan kunci, gantungan HP, jepit rambut, tempat tisu, sarung HP, souvenir, bingkai foto, album foto, dan masih banyak lagi. Aneka kreasi kain flanel tergantung dari kreativitas Anda. Kain flanel merupakan bahan yang murah. Kreasi yang dihasilkan memiliki nilai jual yang cukup tinggi tergantung dari tingkat kerumitan dan kreativitas si pembuat.

Apakah Anda tahu toples kue yang lezat rasanya bisa dibuat dari kain flanel? Anda pasti tergiur akan kelezatan kreasi yang satu ini. Toples Kue ini berasal dari kain flanel. Bentuk dan kenampakannya sama dengan kue  yang asli. Namun berkat tangan-tangan kreatif, toples kue yang lucu ini dapat dibuat dari kain flanel.

Biaya pembuatan kue dari kain flanel ini cukup murah. Bagi Anda yang ingin mendapat penghasilan tambahan dari aneka kreasi kain flanel, dapat mencobanya sekarang juga. Untuk memulai usaha aneka kreasi kain flanel hanya membutuhkan kreativitas dan sedikit kesabaran.

Hasil kreasi ini dapat digunakan sebagai souvenir pernikahan, kado, atau sebagai dekorasi di sudut rumah Anda. Dan sekarang sudah siapkah Anda untuk menciptakan peluang bisnis kerajinan? Selamat mencoba.

Info pelatihan membuat souvenir dari kain flanel yang diselenggarakan oleh Maharani Craft dapat dilihat disini. Pengajar Ibu Fariska Maharani. Owner Maharani Craft.

Maharani Craft

Maharani Craft telah hadir memberikan warna baru bagi perkembangan ekonomi mikro di tingkat Kabupaten Bekasi dan sekitarnya sejak November 2009 aktif memberikan Pelatihan Pemberdayaan Keluarga Masyarakat dan juga telah mendapat apresiasi dari beberapa media cetak dan eletronik.

Community Development

Niat membagi-bagikan ide kreatif ini actualnya sudah sejak lama saya lakukan, pada Oktober 2010 akhirnya saya mulai menulis blog dengan alamat http://kursusbikinflanel.wordpress.com. Sejak saat itu pula saya bersama istri aktif memberikan pelatihan membuat kerajinan flanel diberbagai kota, yang pada awal perkenalannya dimulai dari memberikan pelatihan dari ruang tamu di rumahnya.

Lambat laun liputan tentang usaha kerajinan flanel mulai gencar diberitakan di berbagai media elektronik, yang tentu saja akan semakin banyak orang yang penasaran, dan akhirnya tertarik untuk membuat sendiri kreasi dari kain flanel tersebut. “Di situlah ladang rejeki kita,”. “Dan alhamdulillah, beberapa dari mereka dengan modal relatif kecil sudah memulai usaha ini dari rumah”.

Maharani Craft dengan ide kreatif mulai memberikan kursus praktis dan aplikatif ini di berbagai kesempatan. Seiring dengan itu pula, ide membuat pelatihan ini semakin mendongkrak usaha kami. Hingga saat ini sudah puluhan orang yang telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan setiap minggunya. Produk-produk Maharani yang sudah dikenal luas di pasar online antara lain : Berbagai replika kue-kue dari kain flanel seperti pie, tart, donat, burger, topping kue, dll.

Informasi pendaftaran pelatihan

021 – 898 45 465

0856 9818 641 (phone/sms)

e-mail : maharanifelt@gmail.com

Dan sebagai komitmen kami untuk dapat menjangkau kota anda, kami bersedia dan siap untuk memberikan pelatihan flanel ini dalam bentuk workshop di berbagai kota. Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran menarik ini.

Silahkan lihat video Maharani Craft disini archive from Youtube.Com

Salam kenal dari kami, tetap semangat and lets action!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: